Bagi anda yang benar-benar baru belajar mobil mungkin bisa melihat video ini terlebih dahulu agar tahu bagaimana cara menjalankan mobil
Inget yee! jangan pernah belajar mengemudi sendirian, berbahaya bagi anda sendiri dan orang lain.
Nah jika anda sudah bisa menjalankan mobil (tentunya dengan dikawal partner anda), berikut ini tips mengemudi yang baik dan benar bagi anda yang baru belajar:
-Posisikan kursi anda ke posisi mangstab, karena ukuran badan orang berbeda-beda so posisi kursi dan setir perlu disesuaikan dengan pengemudinya, jangan lupa atur juga spion dan kaca tengah, kalo yang ada kamera belakang juga perlu mengatur brightness dan contrast agar bisa terlihat dengan jelas terutama di malam hari yang gelap nan horror apalagi kalo ada hujan pake petir, udah gitu petirnya cetar membahana di satu wahana hehe
-Biasakan kaki anda dengan posisi kopling/ perseneling (manual), rem, dan gas sehingga jika kita hendak menginjak rem tidak tertukar posisi, biasanya bagi para pengemudi yang baru suka tertukar tempat antara posisi rem dan gas, kalau udah sering latihan juga terbiasa mana yang kopling, rem, dan gas.
-Jangan melepas kopling disaat anda sudah berhenti sampai anda benar-benar sudah menetralkan gigi atau memposisikan gigi di nol, jika sudah diposisi nol baru anda boleh melepas koplingnya, kalo nggak gimana? ya silahkan dipraktekkan sendiri hehe langsung mobilnya lompat kayak kodok
-Jangan melepas kopling disaat anda sudah berhenti sampai anda benar-benar sudah menetralkan gigi atau memposisikan gigi di nol, jika sudah diposisi nol baru anda boleh melepas koplingnya, kalo nggak gimana? ya silahkan dipraktekkan sendiri hehe langsung mobilnya lompat kayak kodok
-Biasakan jika berjalan dijalan selalu mengawasi sisi kiri mobil agar tidak terserempet oleh pengendara motor, kalo motor yang dipepetnya harley gapapa ntar dia juga langsung klakson pake toak, yang bahaya kalo motor biasa ntar klaksonnya dia gak kedengeran sama kita karena kita sendiri asik jedag jedug gak jelas di dalem mobil (pengalaman)
-Jika anda ingin mengenal lebih dalam lagi dengan cara kerja kopling dan gas mobil anda, berarti anda harus sering latihan berjalan di tanjakan (khusus manual) ini ditujukan agar kita bisa berhenti lalu berjalan tanpa turun di posisi jalan yang curam, kalo yang matic boleh nyengirr hehe...kalau anda sudah lulus tahap ini berarti anda boleh berjalan dijalan raya dijamin jossss
-Biasakan jaga jarak mobil anda dengan kendaraan yang didepan anda, ini sangat penting
-Jika ingin belok/ pindah jalur/ nyalip biasakan untuk menyalakan sein dan melihat spion terlebih dahulu, jangan kayak motor gundul yang tanpa spion trus nyalip kanan kiri kayak pembalap abal-abal, model pengendara yang beginian enaknya dikalkson aja biar nyooos.
-Jika anda ragu dalam mengambil jalan/ nyalip sebaiknya jangan dilakukan! ini faktor utama penyebab kecelakaan!!! jadi buatlah keputusan yang pasti sebelum melakukannya.
-Latihan memarkirkan mobil sendiri, jaga-jaga kalau gak ada jukir yang mangkir ditempat parkir (lumayan hemat 2.000 perak)
-Dan tips yang ini simple tapi terkadang yang sudah pro pun melupakannya, tidak lain dan tidak bukan adalah "sabar" (1 kata simple namun susah untuk dipraktekkan) dijamin ini kata kunci untuk selamat.
-Dan yang pualing terpenting adalah berdo'a, biasakan kita berdo'a walaupun kita hanya pergi dekat, siapa yang tahu kalau kita bakal kecelakaan??? ya nggak
-Oh iya brosis yang terakhir ini juga gak kalah penting, jangan terlalu lama terpaku dengan spion sehingga anda sendiri secara tidak sengaja mengabaikan apa yang ada didepan anda, pengalaman kemaren hampir nabrak mobil depan gara2 terpaku dengan spion, Jangan sampe terjadi dengan anda ya amit-amit
lagi Berdo'a, bukan ngemis |
Inilah dampak bagi pengemudi yang terburu-buru langsung turun ke jalan raya
Kecelakaan mobil dengan sepeda motor tak terhindari....ya iyalah dia bukannya nginjak rem malah nginjak gas gara-gara baru belajar mobil, kesabaran itu sejatinya diperlukan dijalan otoroem
Jika tulisan ini membantu anda, bisa tekan tombol like dibawah ini terimakasih maap kepanjangan
pokoknya yang penting pede.. :D
BalasHapuspede dan berpengalaman tentunya =D
Hapusyg paling susah pas tanjakan, kalo masih baru. gimana caranya biar mobil gak mogok. antara kopling rem n gas :D
BalasHapuspake kopling gantung gan.caranya injak kopling dan rem dulu, lalu lepaskan kopling pelan2 sampe narik dikit kemudian lepaskan rem pelan2 sampe lepas rem dan kopling injak halus kalo mobil mau maju dan lepas halus kalo mobil serasa mundur. ini harus posisi gear 1. selamat mencoba di tanjakan tentunya.
Hapussetahu saya (bukan tahu combro ya) tapi sepengalaman saya dan buku panduan, kalau pake teknik kopling gantung ditanjakan itu kurang bagus bro, maka dari itu diciptakan rem tangan (hand rem)
Hapuskalo dalam posisi berhenti ditanjakan, coba tarik rem tangan (kalo matik tinggal tekan),
pas mau jalan lagi coba nginjek gas, kopling dilepas dikit, lalu baru rem tangan di turunin.
mas ijin copas artikelnya buat web skripsi saya. makasih :)
BalasHapussilahkan dikunyah-kunyah =D
Hapusoke bro mangstabbb!!!
BalasHapuswih itu weebnya kok ada semutnya haha hampir kena jebakan nih
yaaaaaaaaaaaaaaaa aku bisaaa
BalasHapussyukuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur dah =D
HapusAjari sy pribadi, apa bisa, sy perlu bimbingan istimewa biar cepat bs thks. aadinna2@gmail.com
Hapusgila tadi gw belajar mobil motor kanan kiri nyalip,,ditabrak halal kali ya -_-
BalasHapustantangan mobil itu lebih berat dari motor bro, terutama tantangan kesabaran =D tapi kalo ada motor yang modelnya geal-geol kayak dangdut pantura langsung hajar aja pake klakson bro biar joooooos =D
Hapustrs yg paling susah tuh feeling dan emosi,kalo kita udh dewasa otomatis emosi /mental akan lebih mantap,makanya kalo blm mantap mental sering kecelakaan
Hapussetujuuuuuuuu
Hapusbuseet
BalasHapusGue pertama belajar bwa mobil,mobil colt diesel dyna
Hampir nabrak container
Abis mash janggal waktu pertama melepas close dan ngegas wkt bru start
wkkkkk ngakak, hampir nabrak kan? bukan nabrak? gak papa tuh wajar gw dulu sering gitu juga, pokoknya kalo belum mepet belum enak rasanya =D
Hapusªķΰ baru belajar 1 minggu, ntr mw nyoba
BalasHapussippp, itu nulis huruf 'aku' pake apa? pake combro bukan =D
HapusMantap bro...bagus bangat tutorialnya buat sopir amatir...ini salah satu cara buat sosialisasi biar gk pada sembarangan belajar nyetir...harus ada yg mahir yg mendampingi.
BalasHapusLanjutkan!!!
jooooooooooooooz mantab terimakasih =D
Hapusmantep nich infonya gan
BalasHapusterimakasih mbah =D
Hapustambah lg dengan artikel lainnya ttg berkendara gan
BalasHapussippp tapi lagi ada kegiatan heuheu jadi susah T_T
HapusKl cara maju, mundur,berhenti dan jalani mobil gimana ?
BalasHapusmobilnya matic atau manual nih? ~bingung~
HapusSipp,,latihan 2 jam lngsung tancap gas ndiri...yg penting hafal dulu cara2ny trus mantap .pasti bs!!
BalasHapuscemangatdh eaaa...(Alay detected) :-(
Hapusmantab infonya gan,
BalasHapusmau tanya juga nih,kalo buat pemula mau belajar parkir atau nyalip mobil didepan,patokannya pake apa biar pas atau gak nyerempet?
Feeling,spion atau ada yg lain?
Maklum blm pnh bw mobil,br mau belajar :D
feeling dan spion aja gan, tapi khusus feeling butuh waktu lebih utk menyesuaikannya, apalagi mobilnya macem mportuner atau bahkan truk.
Hapustahapan nyalip:
1. nyalain rating/lampu sein ke arah mana kita mau nyalip
2. lihat spion dan jika perlu melihat sekeliling kita jaga2 kalau tiba2 ada motor alay nyempil dibelakang kendaraan, melihat sekeliling ditujukan utk menghindari 'blind spot mobil' kalo masih bingung bisa searching
3. sudah aman semua...langsung take actiooong
4. kalo perlu gunakan klakson gan, biarin orang lain mau ngomong apa, soalnya kalo udah kejadian orang lain mau tanggung jawab??? so jangan ragu2 utk gunakan klakson.
tahapan parkir:
ga ada gan cuman perlu 'latihan' =D
nice info gan...
BalasHapusbener jg kesabaran yang sulit gan bagi pemula. q baru blajar 2 hari diklakson trus ma pengendara motor gara2 mau cepet2 nyalip kendaraan didepan, hahahaha.. :D
hahahaaa kalo bisa jalannya dipinggir gan, gapapa lebih baik pelan tapi selamat gan, daripada ngebut tapi langsung dijemput =D
Hapuskalo dijemput cewe cantik gapapa gan, tapi kalo dijemput sama malaikat ?(&%#?!@%+_+
Baru niat mo belajar nyetir aja dagh deg deg an gini baca artikel ini ,,,tp bermanfaat ,,,terima kasihhhhhhhhhhh
BalasHapushaha bawa santai aja pasti bisa, kalo belum dicoba gak akan tau hasilnya ;-)
Hapusgambarnya itu lho, mau belajar nyetir liat gambarnya jadi lap-lap, tapi asyik kok, menambah wawasan sebelum nyetir...lanjut broooo.
BalasHapushaha mantab broooo
Hapusmantabs bro info nya, gw belajar di dini hari sebelum subuh jalan masih sepi, tpi masih geal-geol ga bisa lurus, caranya gimna bro?
BalasHapuskalo masih baru-baru memang masih gitu, saya dulu juga gitu kok, cuman butuh pembiasaan aja, kalo mau jalan lurus setirnya harus dalam keadaan tidak miring, seperti gambar ini
Hapusgbr setir lurus
tapi intinya hanya sering2 latihan aja nanti juga bisa kok ;-)
parah. gue baru mau belajar dan udh kacau balau gini gan :( deg2an....
BalasHapusbawa santai aja, semua orang pasti belajar dulu, kalo langsung bisa namanya bukan orang ;-)
Hapuslucu bnget comendtya tpy mkasihh ,, aq baru belajar ajha bawa truk tronton yah begitulah deg deg.gan
BalasHapushahahahaa inti dari keberhasilan itu adalah tidak pernah menyerah walaupun salah 1000 kali, hati2 dijalan ya bro, bawa santai aja jangan panik. pasti bisa kok!
Hapuswao....., ma acih infonya. Masuk akal !
BalasHapussama-sama...kebetulan saya pensiunnya juga masih lama kok hehe makasih udh berkunjung di blog saya
Hapusboleh nambahin brow?! intinya harus pede, nekad tapi pasti, tenang (relax) dari diri sendiri yoy spy gak tergantung siapapun, anggap seolah2 kita lagi jalan kaki (bawa diri sendiri), kalo kita jalan gak mungkin nabrak2 orang kan?!.....itu pengalaman ane yg super nekad!!! buat brosist yang lagi belajar mobil, se,oga cepat lancar, selamat dan sukses.... thx udah ikut nimbrung, mudah2an kita slalu diberi keselamatan dan kesehatan, aamiin!!!!
BalasHapusmanteb juga tuh jurusnya hehe dijamin ampuh kayaknya...amiiin smoga kita smua diberi keselamatan dan kesehatan =D
HapusBlh share pengalaman saya peratama kali turun k jalan raya tanpa pendamping ya... Dua hari stlh slesai kursus mengemudi, saya nekad bawa ke jalan raya smpe jarak 20 km dari rumah, saya hampir nabrak motor pas belok di tanjakan mo keluar k jalan raya & nabrak tong sampah besar waktu mo jalan lagi habis parkir melintang di spn pertokoan. Jadinya skrg saya trauma nyetir mobil lagi,huhu.. Saking traumanya saya coba bawa lagi malah nyungsep k got dpn rumah. Minta saran donk gmn ngilangin trauma & braniin diri bwt bawa lagi?? Thanks..
BalasHapushmmm...sebetulnya jawabannya ada didalam diri anda sendiri, so dengan kata lain yang bisa nyembuhin adalah diri anda sendiri, psikolog ataupun psikiater hanya membantu menyembuhkan, tapi yang bisa menyembuhkan total adalah diri anda sendiri...ocreee
Hapusada satu terapi yang saya tahu, coba terapi ini
Terapi True Nature holistic
jika terapi sederhana ini dilakukan rutin maka bisa mengurangi rasa trauma anda.
semoga membantu =D (loh kok jadi dokter nih hehe dokter abal-abal)
gan gmn klo ada mobil mau belok dia pelan posisi kita dibelakangnya kondisi jalan nanjak trus action kita gmn tu maklum gan baru blajar ,pelngalam mesin mati plus kena omel pengendara lain untung di belakang bukan mobil .
BalasHapustergantung gan, kalo lagi buru2 ya klakson aja tuh orang yg ada didepan, tapi kalo lagi santai ya udah ikutan pelan aja...kadang2 kalo ditanjakan memang suka timbul ras cenat-cenut...biar gak cenat-cenut gigi nya bikin 1 aja trus gas nya digedein...lumayan buat ngasepin yang dibelakang daripada diomelin hehe
HapusGan gua mau belajar bawa mobil, doain ya biar tdk ada yg tersakiti. Cukup agan aja yg tersakiti wkwkwk :D
BalasHapuswkwkwk oke dah...ati-ati jangan panik kalo diklakson, katanya cowo macho itu harus stay cool B-)
Hapusbagus banget artikelnya, mungkin saya paling tua disini....tp gkpapa pede aja, baru belajar nyetir neh ..deg2 an campur seneng jga...udah ibu2 baru belajar..gak ada kata terlambat ya...mdh2an cepet lancar dan selamat . Amin
BalasHapushehe belajar itu tdk mengenal umur, mau muda, om-om, lansia, sampe aki aki peot juga ga ada masalah asal mental sudah tidak labil ya sah sah saja. Mungkin ini saya balesnya pas ibu udah bisa pake mobil kali ya heuheu sorry telat balesnya bu Dewi selamat kalo udah bisa bawa mobil
HapusHari ini prtma bljr sm pendamping lgsg kjln raya ga pdat ci jlur mnuju luar kota hny byk truck n tronton ok c lncar sdh bisa mempekirakan n bljr belok dlahan parkir? Ksulitan sy jstru saat bru nau mulai jln krn msh tkt injak gas bablas? Itu cra ny gmn ya? Ta :D
BalasHapuswiiih...udah bisa memperkirakan n belajar belok dlahan parkir? itu saya rasa udah lebih dari cukup...emang sih kalo baru-baru bawa mobil manual susah prediksi nginjak gasnya, kalo gasnya kelebihan malah bablas, kalo kurang malah mati, heuehu serba salah...butuh pembiasaan aja kurang lebih 1 bulan ngiahahaha sering-sering bawa mobil jg pasti terbiasa...kalo mau ekstrim bawa kebengkel mobil aja minta sama mekaniknya biar gas ama koplingnya disesuaiin trus baru dicobain sendiri, kalo masih gak enak balik lg aja (tapi bolak baliknya itu yg ga kuat)
HapusGan saya mau tanya nih, dulu saya pernah ikut kursus belajar mobil satu minggu, tapi saya masih belum berani bawa mobil saya sendiri. Sekarang setelah 8 bulan lebih ga latian mobil lagi saya coba belajar bawa mobil sendiri keluar garasi sama ke sekitar lapangan deket rumah, dan saya lumayan bisaa. Cuman pas lepas kopling awal awal kadang jalan nya masih kayak angkot suka geter geter, hehehe.
BalasHapusYang mau saya tanya gimana sih munculin keberanian buat bawa mobil turun ke jalan,?? Saya sih udah sedikt berani, cuman masalahnya ga ada yang mendampingi. Tolong tipsnya gan :). Oh iyaaa selama latian saya latian sendiri saja. Makasih brooo.
sorry telat bales ya...wkwkwk ekstrim nih bawa mobil sendirian :v jgn lupa do'a kalo sendirian apalagi bawanya masih ragu2 banyakin do'a sama istighfar aja hehe (tujuannya biar slamet)
Hapusuntuk munculin keberanian ada beberapa cara yg saya tau:
-do'a
-sering latihan dijalan yg sepi, kurang lebih 10x keluar, inget gan sepi nya bertahap, pertama sepi, kedua agak sepi, ketiga agak rame, keempat rame.
jangan pas latihan ditempat yg sepi trus besoknya langsung ke jalan yg rame (resikonya terlalu besar, bisa keserempet nih)
-konsentrasi (jgn pernah berpikiran untuk nabrak, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi pikiran alam bawah sadar untuk nabrak)
-bawa temen/ partner
-nah kalo bisa bawa temen satu genk, suruh mereka nginep dimobil kalo perlu camping ngiahahaha
gan hari ini q dah belajar mengemudi selama 2 hari tp kendalanya konsentrasiq msh kurang.... saat q belajar mengemudi sama ayahq selama 2 hari ... ayahq blg "sebenarnya kamu sdh menguasai sedikit demi sedikit tp kurang konsentrasi, ragu saat belok, sering panik, & ketakutan saat jalan raya sedikit ramai"
BalasHapussetelah beljar selama 2 hari ini yg aku lakukan apa??? trus klw belajar mengemudi lagi tahap selanjutnya apa???
naah ini nih masalah yg sebetulnya sepele tapi dampaknya bisa besar (konsentrasi)
Hapussebetulnya secara ga langsung ini berhubungan sama gaya hidup bro, misalnya tidur suka tengah malem atau malah begadang, trus makan kadang ga teratur, yg ujung ujungnya mempengaruhi konsentrasi.
setau ane sih solusinya ada 2:
1) perbaikin pola hidup
2) sering2 latihan aja, kalo nabrak ya ikhlasin aja toh namanya masih belajar masak langsung bisa :)
bisa pilih salah satu dari 2 solusi diatas, tapi disaranin 2 2 nya sih hehe :D
*belajar tahap selanjutnya adalah parkir gan
Gmn carax mengemudi yang aman pas beLok d U turn yang sempit?
BalasHapusnah pada umumnya u turn itu seperti gambar ini U Turn awas hati-hati suka ada motor koplak nyelonong motong jalan kita, kalo dia nabrak biasanya tinggal senyum tanpa say good bye alias kabur (miris).
Hapustapi kalo U turn yg sempit, pertama belok biasa trus kalo udah mepet sama tepi jalan, kita mundurin mobil secukupnya, trus jalan lagi
lucu nih artikel, manfaat juga..coment2 si agan jg kocak..hahahaha
BalasHapusthankyou yah gan.
ngiahahaha syukur deh kalo ada manfaat (daripada manfuuk), terimakasih juga atas kunjungannya dan udah bersedia menulis dikolom komentar ;D Thankyou
Hapusaku lgi kursus nyetir nih ceritanya.pas perempatan,
BalasHapuslampu merah nyala.aku mau belok kanan trnyata aku nyalain lampu sein kiri.aku di klaksonin dari balakang thiti...thiit,aku cuek ada apa nih...supir mobil sampingku teriak''belook kiri jalan teruus,'' aku dengar tapi batinku bilang ada apa emang .masya Allah trnyata lampu sein mobilku nyala ke arah kiri.padahal aku bermaksud ke kanan....
gak papa bang...ibaratnya orang belajar itu bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian, no pain no gain :D
Hapussudah 5 th lalu ane kursus mobil perasaan gampang, karena ada yang mandu , eee skrg beli mobil baru beli bisa bawanya dan akhirnya minta temen bawain sekalian ajarin, langsung nyobain nyalain dan tempel kompleng, eee pas mau mundur eee mempet tembok sebelah lecet dah dan akhirnya bisa keluar dan lumayan agak ragu2 dan akhirnya nekad juga. hampir aja mentok trotoar dan akhirnya terakir belajar awal waktu mau belok ke arah parkiran putar kendali eee pas mau ngimbangin eee malah nambrak batu bata di depan baret lagi, ya gitulah semua perlu pengorbanan, disini saya mau tanyakan gimana caranya biar cepat bisa dan menguasai ya
BalasHapusgimana ya...hmmm kasusnya ngakak juga nih ekekek,,,jadi inget pas dulu saya bisa pake sepeda, trus udah lama gak bawa sepeda trus nyobain lagi eee malah jatuh berak ditempat heueheu untung ga ada yg liat, jujur aja saya sampe hari ini masih terus belajar nyetir walaupun udah bertahun tahun, soalnya bawa mobil itu butuh konsentrasi, kesabaran dan skill yg tinggi (kalau ga mau nabrak)
Hapusjadi inget kata psikolog nih, dia bilang "gapapa nabrak itu bagian dari bawa mobil, kalau gamau nabrak ya gausah keluar rumah" hehe
saran saya coba bawanya pelan pelan aja jangan ragu atau panik, biar ga ragu atau panik coba setel lagu yg adem adem aja biar bawaannya adem jg.
Nice artikel mas bro, ane mau nanya neh, klo jalanan macet, apa kita harus injek kopling terus ato ga? Trus klo macetnya pas berada di tanjakan, bgm tipsnya bro?. Makasih jawabannya mas bro..
BalasHapus-bener banget kangbroo, kalo macet sebaiknya nginjek kopling terus aja takutnya mobilnya malah mati.
BalasHapus-kalo macetnya pas di tanjakan sebaeknya ada jarak sekitar 2 langkah kaki buat jaga-jaga kalo mobil depan nanti guling, kalo mau jalan sebaiknya nunggu ada jarak kosong didepan sekitar 4-6 langkah kaki biar ga bentar-bentar nginjek rem sama kopling nanti malah capek sendiri, intinya kalau macet ditanjakan beri jarak safety kangbro kalau perlu nunggu didepan sampai beres naek tanjakan baru kita jalan biar ga capek capek nginjek kopling rem gas.
oke semoga membantu, makasih komennya kangbro :D
artikelnya bagus pol mas bro,skalian mo nanya bgmana kita mo mundurin mobil pas didpn kita turunan,apa yg hrs kt injak mas bro trms jwbnya smga ttp rame blognya
BalasHapustrimakasih juga broo komennya udah ngeramein blog ini =D itu mundurin mobil pas diturunan maksudnya mau parkir atau gimana bro? maap saya penderita IQ jongkok jadinya kurang ngerti nih bro ...
Hapustapi kalo bener maksudnya itu berarti masbro pertama tama bisa tarik rem tangan dulu sebelum jalan mundur, kemudian bisa tekan dan tahan rem kaki dan kopling sambil posisikan gigi ke R (Rear/mundur), kemudian turunkan handrem secara perlahan bersamaan dengan melepas kopling perlahan sambil menginjak gas (yang tadinya nginjek rem sekarang nginjek gas, dan kalo bisa gas nya yang dalem karena mundur di tanjakan butuh gas yang kuat)...udah gitu aja hehe kalo malah tambah bingung bisa tanya lagi =D
Mas bro..kalo berhenti di tempat datar seperti di lampu merah, yg bener gigi netral, atau gigi netral dan tarik hand rem atau gigi masuk satu dan injak kopling? Terus kalo berhenti di tanjakan apakah sama? Ini saya juga baru beljar. Trim untuk infonya
BalasHapuskalo saya berhenti ditempat datar, trus berhentinya lama, lebih baik netralin gigi aja, ga usah tarik handrem, tapi kalo tiba-tiba mobilnya kerasa turun atau maju sendiri lebih baik tarik handrem aja masbro, nah sambil nungguin lampu merah tuh biasanya saya minum atau tidur dikolong mobil atau kalo nggak ajeb ajeb makjleb sampe lampu hejo baru jalan lagi, maklum lampu merah jaman sekarang lebih lama dari lampu hejo jadi banyak waktu senggang.
Hapusnah kalo berhenti ditanjakan harus pake handrem kalo gak mobilnya guling bahaya tuh, dan lagi kalo ditanjakan harus jaga jarak dengan mobil depan takutnya mobil depan tiba tiba turun sendiri nah ini lebih bahaya lagi, oke semoga membantu
Iku nambah tips ya , Bagi pemula mungkin yang agak sulit adalah berbelok di jalan yang akan menanjak, dalam kondisi ini hati harus tenang, jangan panik kuncinya,sebelum belok pindahkan ke gigi 2 atau 1 ( tergantung sitausi tanjakan ) ,injak kopling stengah sambil tekan pedal gas sembari stir dibelokkan( jangan takut menginjak gas agar mobil bisa melaju menanjak ) stelah itu stabilkan kemudi untuk lurus. he he he semoga bermanfaat
BalasHapusoke mangstab jurusnya hahahaaa terimakasih ya :D
HapusTerimakasih artikelnya masbro, dikemas dengan sangat menarik :D
BalasHapusKemarin malam saya baru mencoba pertama kali belajar menyetir mobil, hasilnya wuzzz ancur parah haha
mungkin dikarenakan malam hari sekitar pukul 19.00, gelap dan sedang gerimis hujan. Saya ditemani kaka ipar saya (yang membuat saya grogi) dan teman saya yang sudah lumayan lancar menyetir mobilnya. Yang ingin saya tanyakan apakah sebaiknya saya belajar kepada teman saya saja supaya gak grogi atau ke kaka ipar saya saja yang sudah berpengalaman menyetir mobil?
Terimakasih masbro :)
nguahaha ngakak komennya :D
Hapusbelajar mobil itu butuh sinergi antara konsentrasi dan ketenangan, kalau salah satu ada yang kacau, maka akan mempengaruhi ke semuanya, jadi ada baiknya kalau belajar dengan orang yang udah akrab dengan kita sehingga kita tdk grogi lagi, so bawa santai aja keep ngakak ya ngoahaha :V bawanya pelan aja trus jalannya di pinggir sambil nyalain lampu hazard (segitiga merah)
Ini saya lagi :D
HapusBahaha bener banget masbro, saya udah coba saranya meskipun sebelum baca balasan masbro hehe
Beberapa hari setelah saya berkomentar di blog ini saya coba belajar sama temen saya itu di lapangan kota, emang beda banget rasanya jadi lumayan lancar walopun ada cedat cedut hehe dulu belum bisa ngatur gas, musti alon alon banget -_-
Tapi setelah hari kedua latihan sama temen saya, saya coba nekad kejalan yang sekitaran pukul 07.20 jamnya sibuk pagi dijalan, dan wuzzz juga tapi gak ancur yang ini lancar banget berasa michael schumacher deh :D
dan kemarin-kemarin udah bisa nganter orang kesana kesini hehe
Saya langsung coba karena berhubung saya kepepet waktu dan orang-orang juga banyak bilang katanya saya cepet kalo belajar sesuatu (yang membuat saya lebih pd meskipun tetep ipk jeblok) jadi saya langsung coba ngendara sendiri di jalan, tapi buat saran sebaiknya yang lain yang baru belajar harusnya harus lebih lama belajar sebelum menyendarai sendiri soalnya berbahaya :)
terimakasih balasan dan saranya masbro, nanti saya tanya lagi kalo ada yang bingung ya hehe :D
brauakakakakaka itu cedat-cedutnya pasti kayak kodok struk gagal jantung gitu ya haha dulu saya juga pernah gitu, langsung sekeliling pada ngeliatin (-,-)a
Hapusalhamdullilah kalo selamat total bro :D saya dulu pas baru bisa pake mobil langsung praktek need for speed dijalan, alhamdullilah kayak michael schumacher juga, tapi yang KW10.
giliran diparkiran hadeuuuh langsung mati kutu gara2 prediksi ditikungannya meleset alhasil meninggalkan bekas luka yang mendalam pada mobil :D
saran saya hati hati pas diparkiran ya bro :D
oke terimakasih udah komen ya masbro :D
balasan saya dibawah hehe salah post :D
Hapusnghahahaha iya, tapi gak pernah liat kodok gagal jantung bro hahaha, untung malam hari saya :D
BalasHapusnahh itu lupa, belum coba real parkingnya. gws masbro mobilnya, tapi udah lama ini kan haha
sebaiknya belajar parkir gimana ya? soalnya udah nekad sendiri aja ini masbro -_-
nah saran saya sebeulum parkir beneran ada baiknya liat video tutorial parking berikut:
Hapus1. Parkir biasa
2. Parkir paralel
3. nah ini yang super ekstrem, jangan ditiru, cuman buat ngakak aja bro haha parkir ekstrem
thank mas bro tulisannya sangat bermanfaat,sekarang sy tinggal memperlancar dan di jln udh lebih PD d lebih konsentrasi
Hapuswah alhamdulilah congrats ya udah bisa ngendarai mobil, karena ga semua orang bisa mengendarai mobil,saran saya hati hati dijalan jangan kebawa emosi ya, keep calm aja nikmati aja jalannya :D
Hapushahaha bisa aja masbro kirim link nya
BalasHapusterimakasih masbro alhamdulillah udah lumayan lancar parkirnya, sekarang yang jadi masalah waktu lagi di gang sempit mau keluar masuk kejalan kan gak keliatan yang lewatnya terus tepat di gang ke jalanya agak nanjak jadi kalo gak nginjak rem pasti mundur tapi mau nginjak gas agak susah soalnya di lepasin bentar remnya mundurnya agak cepet mobilnya, nah ngakalinya gimana soalnya harus agak hati-hati soalnya dari gang langsung masuk ke jalannya
waah...hmmm susah juga ya, saya sendiri malah ikut bingung heuheu...pake teknik rem tangan aja masbroh, teknik rem tangan dikenal ampuh melawan tanjakan, kalo tanjakannya ekstrem alias curam baru ga bisa pake rem tangan, kalo tanjakannya rendah atau sedang masih bisa pake rem tangan.
Hapuscaranya:
-kalo dalam posisi berhenti ditanjakan, coba tarik rem tangan, lalu rem kaki boleh dilepas.
-pas mau jalan lagi, tekan kopling, pindah gigi ke1, coba nginjek gas dikit, kopling dilepas "dikit"
-lalu baru rem tangan di turunin (disaat yg bersamaan lepas kopling sampe habis biar mobilnya bisa ngacir). dijamin mobilnya gak guling kebawah, semoga berguna :D
Ga apa apa min walaupun balesnya telat, hahaha. Sekarang saya sudah lancar bawa mobilnyaa. Udah muter muter keliling jakarta malahan, hahaha. Udah disuruh bawa mobil temen pula lagi, hehe. Jadi sekarang Punya sim A bukan pajangan lagi, hehehe. Makasih yaa, sukses terus buat otoroem..
BalasHapushahaha syukur dah syukur...sim A nya kalo bisa dikasih laminating yg terbuat dari carbon biar gak lecet hehe #lebay, jadi kita bisa inget bagaimana mempertanggung jawabkan sebuah kartu SIM yang katanya bisa dibeli dengan uang,
Hapusit's not about the money, its all about responsibility
Oke congrats ya buat bang Reynaldi udah bisa gaya mejeng didepan temen temennya nih hehe selamat!
Ihh... ngakak abis baca komennya... Mkc yaa tutorial lucunya... Jadi semangat belajar nyetir. Doain yaaa..... :)
BalasHapushahahaha mu'ucih eaa K4K4k udh k0m3n (ngomong pake bahasa alay biar greget!)
Hapussmoga nyetirnya bisa lancar tanpa kendala, bermanfaat dan bisa membawa berkah bagi diri sendiri dan orang sekitar...amiiin (maap ye telat bales huehue)
Ak baru belajar...yg bikin grogi tuch pas nikung klo tekor akhirnya keldbihan...trs jantjngnya jadi dakdikduk...smog ku bisa lancar blajarnya...amin
BalasHapusamiiin semoga lancar dan tidak ada kendala sis....jangan takut nabrak, anggap aja nabrak itu biar bisa naik level haha tapi kalo bisa gak nabrak berati level kamu udah tinggi hehe
Hapussy baru latian 3 hari, waktu dijalan raya masih salah masukin gigi -_- semoga kedepannya bisa lancar ya amin
BalasHapushahaha amiin amiin lancar sukses jaya tanpa kendala
Hapussaya malahan udah bertahun-tahun masih salah masukin gigi...pas itu pernah saya nge gas tapi mobil gak mau jalan sampe suara gasnya cetar membahana satu lurah sampe tetangga pada nongolin kepalanya dari jendela dikiranya ada mobil pembasmi demam berdarah,,,heuheu menyedihkan, ternyata lupa masukin gigi -_-
pada intinya konsentrasi aja jangan pernah mengemudi dalam keadaan ngantuk atau galau, super bahaya
Makasih infonya, .dulu thn 99 masih gadis (lama amat ya xixixixi...) pernah belajar bawa mobil tp baru bisa bawa gigi 1 ama 2 di jalan sepi pernah sekali mundur masuk got...setelah itu ga pernah bawa mobil lagi skrg mo belajar lagi jadi ngeri deh...sdh lupa caranya...takut mobilnya rusak maklum masih baru hehehehe
BalasHapussama-sama kak :D makasih juga udah komen heuheu, tapi kayaknya kak memi masih awet muda nih (keliatan kok) HaHaHa...waah iya kalau udah ngomongin mundurin mobil banyak yang kena musibah kok, wajar itu makanya mobil jaman sekarang dilengkapi kamera belakang biar ga nabrak atau nyungsep...
Hapusjangan pernah menganggap hanya karena menabrak sesuatu lalu kita menganggap tidak berbakat atau bahkan dilahirkan sebagai seseorang yang ceroboh
bahkan sebenernya pembalap pun yang profesinya selalu membawa kendaraan masih sering nabrak bahkan sampe meninggal (heuheu ini ceritanya sambil nangis)
saran saya coba latihan didampingi seseorang yang ahli bawa mobil, kalo ngeraasa mental baja boleh bawa sendiri tapi cari tempat latihan yang luas dan sepi dan jangan pernah bawa kenangan masa lalu apalagi kenangan mantan, haha bahaya bgt tuh,,,karena secara tidak langsung itu mensugesti pikiran kita dan bisa-bisa terulang lagi deh kejadiannya heuheu...
intinya bawa santai aja, jangan terintimidasi sama pengendara lain yang tukang klakson, biarin kata orang, tooh kalau kita nabrak yang nolong diri kita sendiri, bukan tukang klakson kan?
oke selamat mencoba ya :D
Yessssssss saya sudah lancar nyetir ga pake lama ga pake lecet mobilnya, sudah bisa keluar kota lg...intinya di mental n filing aja ternyata hehehe nekat sih belajar 2 hari di lapangan langsung turun jalan tiap hari seminggu langsung luar kota wkwkwkwk makasih panduan n koment teman2 di sini soalnya sy praktek lgsg di jalan dan berhasil thankyou thankyou thankyou
Hapusl
BalasHapusrame juga nih maaf gan mau nya saya suka aga kesulitan kalau melihat bagian depan mobil apaligi kalau mobil masung gang sempit ( yg pas sama mobil ) terus saya juga suka kesulitan kalau misalkan masuk gang yg aga lebar trus ada motor parkir di bahu jalan atau depan rumahnya kali ya haha otomatis mobil harus aga ke samping nah saya suka kesuliatn ngepasin nya solusinya gimna ya pengalamn juga pernah nabrak phon pas latihan di lapang yg aga sempit alhasil bumper depan xenia rusak :D markasih gan
BalasHapuscaranya simpel gan, pepetin mobil kekanan aja, ane sering nerapin mode ini kalo misalnya ngelewatin gang sempit atau harus melewati celah diantara mobil mobil yg parkir diperumahan.
Hapuscukup tenang dan bawa pelan saat ngelewati jalan sempit, dan usahain mobil mepet dengan sisi kanan gan....klo udah ngelewatin tancap gass pool lg gan
oh gt ya gan thx gan
Hapushahaha pembalap sentul kentut ngapain nongkrong dimari heuheu
HapusGan jka handrem g fungsi,saat tanjakan terkena macet.saat melaju supaya tdak mundur duluan gmn carany?
BalasHapusnah ini dia nih problem yang paling bikin sesek napas, handrem gak mempan disaat melibasa tnjakan dan mungkin anda butuh tabung oksigen buat baca tulisan ini hahaha
Hapusmungkin handrem nya ga kuat buat nopang beban mobil terhadap gravitasi karena tanjakan yg curam, gapapa gan tetep tarik handrem tapi dibantu rem kaki juga, jadi pas mau jalan mobilnya gak mundur secara cepat.
hahaha pembalap sentul kentut nyamar jadi tukang jengkol ya...???
Hapustapi jawabannya bagus semua, 4 jempol gan!
Cara mahir ambil haluan gmn..tolong...tolong..tolong...
BalasHapusUdh belajar pake matic tapi haluan kacau..
caranya selalu pertahankan space kosong, misalnya ada belokan ke kanan yang tajam dan sempit sehingga mengharuskan kita belok secara "slowly but sure (bahasa kerennya perlahan tapi pasti)"
Hapuskalo mau belok kanan sebaiknya jangan belok kekanan dulu tapi "belok kiri" baru belok kanan, tujuannya biar bagian kanan mobil tidak nyenggol itik sama tembok atau batu...
contoh gambarnya bisa dilihat diSini
sebaiknya jalannya pelan dan tenang, ingat jangan mudah terintimidasi sama pengendara lain yaa
gimana caranya pas di turunan, perlu pake rem apa gak usah.
BalasHapuspake rem boleh, tapi menurut sumber yang saya peroleh, sebaiknya tidak perlu menggunakan rem, cukup masukkan gigi dan tekan gas seperti jalan ditempat yang datar, tapi kalo pengen "turunnya cepet dan aman" bisa masukkin gigi 3 atau 4 tanpa perlu menekan pedal gas,Oke smoga membantu :D
HapusGan, apakah membawa mobil. Sama dengan membawa motor koplink.? Soal nya gue bisa bwak mtor koplink.
BalasHapusBagus ini ada tutorial belajar setir, jadi bisa punya gambaran sebelum praktek dilapangannya
BalasHapusgimana cara bawa mobil di jalan yg rusak/berbatu/tidak rata?? apa main kopling atu gas dan rem aja ??tema kasih
BalasHapustergantung seberapa cepat laju kendaraan yg di butuhkan. tapi alangkah lebih baik menggunakan setengah kopling. bisa pada gigi 1 atau 2. buat jga" agar mobil tidak sering bergetar dan mesin mati
HapusMantap tipsnya bro.... sesuai sekali yg terjadi pada pemula dan di lapangan. Thaks ya... langsung disave nih... buat modal sebelum terjun langsung
BalasHapustrim tips yang anda berikan,
BalasHapuspak gimana caranya memundurkan mobil di tempat sempat
BalasHapusTQ tipsnya...
BalasHapushuhuhu.. mas saya kenapa ya, sering banget mobilnya mati pas mau nyebrang jalan. Sampe diklakson. Sering banget bingung ketika berhenti dan lepas kopling perlahan2. Pas udah setengah jalan nyebrang ehhh MATIII mesinnya.. panik banget ane. langsung idupin mesin.. eh lupa netralin gigi atau tekan kopling akhirnya ... fiuuuuhh. Lepas sendiri.. ada tipsnya ga ya? terima kasih banyak mas.. saya baru belajar 2 hari.. dlunya beberapa bulan lalu smpat belajar sehari aja.. >.<
BalasHapusTipsnya simple neng, cukup tekan pedal gas yg dalam...dijamin mesin ga akan mati walopun suara mesin bakal teriak agak kenceng hehe heh
HapusWokeh josss , aye blajar mobil cuma 1 jam . sip nih artikelnya . aye udh bsa pakai truk sma bus juga . makasih .
BalasHapusSaya baru aja kursus belajar mobil,kalo ngejalaninnya sih enak, tapi pas parkir mundur puyeng.. Sama kalo macet di tanjakan rada ribet gan..
BalasHapuswah pas ni kemaren" baru belajar mobil selama dua hari.(tapi g berturut") maklum mobil minjem hehe.
BalasHapusmusuh utama adalah grogi. harus tenang dan jangan terlalu fokus. karna kalo terlalu fokus malah ujung nya jadi ngelamun.(pengalaman pribadi) hehe dan pasti semua nya jdi buyar.ingat yg penting rilex.
dan alhamdulilah uda berani bawa mobil sendiri setelah 2× belajar.
kalo agan" bingung saat awal mau nginjak gas ( pas mau jalan di awal) saran saya jngan ragu untuk nginjak gas selama kita uda menguasai kopling.
mungkin yg terjadi cuma suara gas yg teriak" sama ada bau sedikit gosong tapi gpp ntar jga bisa ngatur tekanan kaki pada pedal gas. yg penting posisi kaki bagian bawah (tumit/tungkak) harus nempel pada lantai mobil. biar mudah saat pelepasan (terutama kopling) . gas rem jga gtu jngan diposisi melayang kaki nya biar bisa kira"
semoga agan" bisa cpat lancar dan selalu aman tanpa kendala. INGAT BACA DOA DULU YA SEBELUM BERAKTIFITAS
tutorialnya mengemudinya bagus, dilengkapi dengan gambar.
BalasHapusbelajar paling susah pas jalan tanjakan. susah banget rasanya.
Salam bro
BalasHapusSaya baru belajar sekitar seminggu ya sudah lumayan lancar paling cuma samping kiri samping kan. Jadi cerita saya nekat langsung ke jalan bermodal filing dan keberanian tapi nekad nya ga sembarang nekad pas arah mau pulang di belokan macet nah disitu saya kurang fokus brakk!!!! nyenggol mobil depan karna terlambat rem utung saya sama abang saya dan untung nya lagi ga terlalu parah. Kira2 wajar ga sih kalo nabrak gitu
Makasih gan sharing nya, sangat membantu xekali,,,,saya udah pernah nyerempet bagian kiri mobil saat manuver di gang menghindari mobil parkir sebelah kiri langsung disambut mobil parkir sebelah kanan, meliuk zigzag hehe... Minta tips parkir mundur ambil serong 45 derajat kedepan, itu rumus nya gimana b
BalasHapusmau nanya gan 2thun yanglalu bis kursus mobil setelah itu ada lowongan kerja sopir truck jdi nekad aja msukin lamaran na kebtulan ad pgilan untuk tes .,
BalasHapuspas ikut tes pertama jlan smpat mati kyk kodok , trus ulang lgi udah maju lupa psang safty belt , na pas di suruh brhenti di tanjakan sempat mati pas mau jalan, terus pas mau belok manuper tangan besilang mutar steering ,, mohon masukannya gan cara megang steering yang benar pda saat belok manuper
Bagus sekali artikelnya, lucu dan menarik. Lumayan buat para pemula yang ingin belajar berkendara. Tips dan trik yang sangat bagus. Di tunggu untuk tips dan trik berikutnya ya om. Makasih...
BalasHapusPerkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
BalasHapusJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
mantabz mas bro
BalasHapussangat bermanfaat bos untuk infonya,semoga bermanfaat.salam kenal "TAMBANG EMAS INDONESIA"
BalasHapusGan mau tanya nih....
BalasHapusKenpa klo di dlm.mobil terasa besar ya.....
Saya klo pegang setir masih blom lurus nih....klo di jln raya suka ketengah gmna ya caranya thx
Kalo nglurusin coba di jakan raya aja yg ada garis putus2 nya gan, pelan2 coba jalan dizebelah kanan sambil lihat spion kiri, posisi ban kiri di pas in agar sejajar dengan garis putus2 nya, lama2 biasa,,,, oiya spion kiri di setel agar dapat melihat bagian bawah juga agar nampak garis putus2 marka jalan
Hapusthanks
BalasHapusMenarik sekali artikelnya
BalasHapusAne lagi ngajarin temen cewek gan. Dag dig dug euy. Kendala nya masih di kopling ama gear. Dia nya masih kurang paham. Gmn ya cara kita ngasi pengertian supaya paham? Soalnya murid2 yg laen insya allah sukses. Cuman yg ini ajah belom sukses.
BalasHapusBolavita Agen Judi Online Terpercaya Di Indonesia
BalasHapusProduk Games Terlengkap dan Terlaris
Ayo Buruan Gabung Sekarang
Banyak Kejutan Bonus Berlimpah Setiap Hari
Mari Kunjungin Segera Website kami :
www(titik)bolavita(titik)vip
www(titik)sateayam(titik)club
www(titik)pokervita(titik)live
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Live Chat Online 24 JAM NONSTOP !!!
WA : +628122222995
Pin BBM : BOLAVITA / D8C363CA (NEW)
Dealer honda malang
BalasHapusmobil honda malang
honda sukun malang