Selasa, 26 Maret 2013

Tips Cara Belajar Mengemudi Mobil yang Baik dan Benar


Belajar mengemudi boleh-boleh saja tapi jangan terlalu terburu-buru untuk langsung turun kejalan raya, dampaknya apa kalau langsung terjun kejalan??? ntar terakhirnya saya kasih tau...sabar aja, semua itu ada waktunya kok :mrgreen:

Bagi anda yang benar-benar baru belajar mobil mungkin bisa melihat video ini terlebih dahulu agar tahu bagaimana cara menjalankan mobil

Inget yee! jangan pernah belajar mengemudi sendirian, berbahaya bagi anda sendiri dan orang lain.
Nah jika anda sudah bisa menjalankan mobil (tentunya dengan dikawal partner anda), berikut ini tips mengemudi yang baik dan benar bagi anda yang baru belajar:

-Posisikan kursi anda ke posisi mangstab, karena ukuran badan orang berbeda-beda so posisi kursi dan setir perlu disesuaikan dengan pengemudinya, jangan lupa atur juga spion dan kaca tengah, kalo yang ada kamera belakang juga perlu mengatur brightness dan contrast agar bisa terlihat dengan jelas terutama di malam hari yang gelap nan horror apalagi kalo ada hujan pake petir, udah gitu petirnya cetar membahana di satu wahana hehe :mrgreen:
Dari kiri ke kanan: Kopling, rem, gas
-Biasakan kaki anda dengan posisi kopling/ perseneling (manual), rem, dan gas sehingga jika kita hendak menginjak rem tidak tertukar posisi, biasanya bagi para pengemudi yang baru suka tertukar tempat antara posisi rem dan gas, kalau udah sering latihan juga terbiasa mana yang kopling, rem, dan gas.

-Jangan melepas kopling disaat anda sudah berhenti sampai anda benar-benar sudah menetralkan gigi atau memposisikan gigi di nol, jika sudah diposisi nol baru anda boleh melepas koplingnya, kalo nggak gimana? ya silahkan dipraktekkan sendiri hehe langsung mobilnya lompat kayak kodok

-Biasakan jika berjalan dijalan selalu mengawasi sisi kiri mobil agar tidak terserempet oleh pengendara motor, kalo motor yang dipepetnya harley gapapa ntar dia juga langsung klakson pake toak, yang bahaya kalo motor biasa ntar klaksonnya dia gak kedengeran sama kita karena kita sendiri asik jedag jedug gak jelas di dalem mobil biggrin (pengalaman)
spion samping ada motor
awas motor bahaya :mrgreen:
-Jika anda ingin mengenal lebih dalam lagi dengan cara kerja kopling dan gas mobil anda, berarti anda harus sering latihan berjalan di tanjakan (khusus manual) ini ditujukan agar kita bisa berhenti lalu berjalan tanpa turun di posisi jalan yang curam, kalo yang matic boleh nyengirr hehe...kalau anda sudah lulus tahap ini berarti anda boleh berjalan dijalan raya dijamin jossss biggrin
jalan menanjak
Ilustrasi Latihan Menanjak
-Biasakan jaga jarak mobil anda dengan kendaraan yang didepan anda, ini sangat penting
jaga jarak mobil depan
Jaga jarak ya
-Jika ingin belok/ pindah jalur/ nyalip biasakan untuk menyalakan sein dan melihat spion terlebih dahulu, jangan kayak motor gundul yang tanpa spion trus nyalip kanan kiri kayak pembalap abal-abal, model pengendara yang beginian enaknya dikalkson aja biar nyooos.
lampu sein mobil
Jangan Lupa Lampu Sein
-Jika anda ragu dalam mengambil jalan/ nyalip sebaiknya jangan dilakukan! ini faktor utama penyebab kecelakaan!!! jadi buatlah keputusan yang pasti sebelum melakukannya.

-Latihan memarkirkan mobil sendiri, jaga-jaga kalau gak ada jukir yang mangkir ditempat parkir (lumayan hemat 2.000 perak)

-Dan tips yang ini simple tapi terkadang yang sudah pro pun melupakannya, tidak lain dan tidak bukan adalah "sabar" (1 kata simple namun susah untuk dipraktekkan) dijamin ini kata kunci untuk selamat.

-Dan yang pualing terpenting adalah berdo'a, biasakan kita berdo'a walaupun kita hanya pergi dekat, siapa yang tahu kalau kita bakal kecelakaan??? ya nggak
lagi Berdo'a, bukan ngemis biggrin
-Oh iya brosis yang terakhir ini juga gak kalah penting, jangan terlalu lama terpaku dengan spion sehingga anda sendiri secara tidak sengaja mengabaikan apa yang ada didepan anda, pengalaman kemaren hampir nabrak mobil depan gara2 terpaku dengan spion, Jangan sampe terjadi dengan anda ya biggrin amit-amit

Inilah dampak bagi pengemudi yang terburu-buru langsung turun ke jalan raya
Kecelakaan mobil dengan sepeda motor tak terhindari....ya iyalah dia bukannya nginjak rem malah nginjak gas gara-gara baru belajar mobil, kesabaran itu sejatinya diperlukan dijalan biggrin
otoroem
Jika tulisan ini membantu anda, bisa tekan tombol like dibawah ini terimakasih biggrin maap kepanjangan

118 komentar:

  1. pokoknya yang penting pede.. :D

    BalasHapus
  2. yg paling susah pas tanjakan, kalo masih baru. gimana caranya biar mobil gak mogok. antara kopling rem n gas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake kopling gantung gan.caranya injak kopling dan rem dulu, lalu lepaskan kopling pelan2 sampe narik dikit kemudian lepaskan rem pelan2 sampe lepas rem dan kopling injak halus kalo mobil mau maju dan lepas halus kalo mobil serasa mundur. ini harus posisi gear 1. selamat mencoba di tanjakan tentunya.

      Hapus
    2. setahu saya (bukan tahu combro ya) tapi sepengalaman saya dan buku panduan, kalau pake teknik kopling gantung ditanjakan itu kurang bagus bro, maka dari itu diciptakan rem tangan (hand rem)

      kalo dalam posisi berhenti ditanjakan, coba tarik rem tangan (kalo matik tinggal tekan),
      pas mau jalan lagi coba nginjek gas, kopling dilepas dikit, lalu baru rem tangan di turunin.

      Hapus
  3. Balasan
    1. oke bro mangstabbb!!!
      wih itu weebnya kok ada semutnya haha hampir kena jebakan nih

      Hapus
  4. mas ijin copas artikelnya buat web skripsi saya. makasih :)

    BalasHapus
  5. yaaaaaaaaaaaaaaaa aku bisaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajari sy pribadi, apa bisa, sy perlu bimbingan istimewa biar cepat bs thks. aadinna2@gmail.com

      Hapus
  6. gila tadi gw belajar mobil motor kanan kiri nyalip,,ditabrak halal kali ya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tantangan mobil itu lebih berat dari motor bro, terutama tantangan kesabaran =D tapi kalo ada motor yang modelnya geal-geol kayak dangdut pantura langsung hajar aja pake klakson bro biar joooooos =D

      Hapus
    2. trs yg paling susah tuh feeling dan emosi,kalo kita udh dewasa otomatis emosi /mental akan lebih mantap,makanya kalo blm mantap mental sering kecelakaan

      Hapus
  7. buseet
    Gue pertama belajar bwa mobil,mobil colt diesel dyna
    Hampir nabrak container
    Abis mash janggal waktu pertama melepas close dan ngegas wkt bru start

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkkkkk ngakak, hampir nabrak kan? bukan nabrak? gak papa tuh wajar gw dulu sering gitu juga, pokoknya kalo belum mepet belum enak rasanya =D

      Hapus
  8. ªķΰ baru belajar 1 minggu, ntr mw nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp, itu nulis huruf 'aku' pake apa? pake combro bukan =D

      Hapus
  9. Mantap bro...bagus bangat tutorialnya buat sopir amatir...ini salah satu cara buat sosialisasi biar gk pada sembarangan belajar nyetir...harus ada yg mahir yg mendampingi.
    Lanjutkan!!!

    BalasHapus
  10. tambah lg dengan artikel lainnya ttg berkendara gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp tapi lagi ada kegiatan heuheu jadi susah T_T

      Hapus
  11. Kl cara maju, mundur,berhenti dan jalani mobil gimana ?

    BalasHapus
  12. Sipp,,latihan 2 jam lngsung tancap gas ndiri...yg penting hafal dulu cara2ny trus mantap .pasti bs!!

    BalasHapus
  13. mantab infonya gan,
    mau tanya juga nih,kalo buat pemula mau belajar parkir atau nyalip mobil didepan,patokannya pake apa biar pas atau gak nyerempet?
    Feeling,spion atau ada yg lain?

    Maklum blm pnh bw mobil,br mau belajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. feeling dan spion aja gan, tapi khusus feeling butuh waktu lebih utk menyesuaikannya, apalagi mobilnya macem mportuner atau bahkan truk.

      tahapan nyalip:
      1. nyalain rating/lampu sein ke arah mana kita mau nyalip
      2. lihat spion dan jika perlu melihat sekeliling kita jaga2 kalau tiba2 ada motor alay nyempil dibelakang kendaraan, melihat sekeliling ditujukan utk menghindari 'blind spot mobil' kalo masih bingung bisa searching
      3. sudah aman semua...langsung take actiooong
      4. kalo perlu gunakan klakson gan, biarin orang lain mau ngomong apa, soalnya kalo udah kejadian orang lain mau tanggung jawab??? so jangan ragu2 utk gunakan klakson.

      tahapan parkir:
      ga ada gan cuman perlu 'latihan' =D

      Hapus
  14. nice info gan...
    bener jg kesabaran yang sulit gan bagi pemula. q baru blajar 2 hari diklakson trus ma pengendara motor gara2 mau cepet2 nyalip kendaraan didepan, hahahaha.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa kalo bisa jalannya dipinggir gan, gapapa lebih baik pelan tapi selamat gan, daripada ngebut tapi langsung dijemput =D
      kalo dijemput cewe cantik gapapa gan, tapi kalo dijemput sama malaikat ?(&%#?!@%+_+

      Hapus
  15. Baru niat mo belajar nyetir aja dagh deg deg an gini baca artikel ini ,,,tp bermanfaat ,,,terima kasihhhhhhhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bawa santai aja pasti bisa, kalo belum dicoba gak akan tau hasilnya ;-)

      Hapus
  16. gambarnya itu lho, mau belajar nyetir liat gambarnya jadi lap-lap, tapi asyik kok, menambah wawasan sebelum nyetir...lanjut broooo.

    BalasHapus
  17. mantabs bro info nya, gw belajar di dini hari sebelum subuh jalan masih sepi, tpi masih geal-geol ga bisa lurus, caranya gimna bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih baru-baru memang masih gitu, saya dulu juga gitu kok, cuman butuh pembiasaan aja, kalo mau jalan lurus setirnya harus dalam keadaan tidak miring, seperti gambar ini
      gbr setir lurus
      tapi intinya hanya sering2 latihan aja nanti juga bisa kok ;-)

      Hapus
  18. parah. gue baru mau belajar dan udh kacau balau gini gan :( deg2an....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa santai aja, semua orang pasti belajar dulu, kalo langsung bisa namanya bukan orang ;-)

      Hapus
  19. lucu bnget comendtya tpy mkasihh ,, aq baru belajar ajha bawa truk tronton yah begitulah deg deg.gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaa inti dari keberhasilan itu adalah tidak pernah menyerah walaupun salah 1000 kali, hati2 dijalan ya bro, bawa santai aja jangan panik. pasti bisa kok!

      Hapus
  20. wao....., ma acih infonya. Masuk akal !

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...kebetulan saya pensiunnya juga masih lama kok hehe makasih udh berkunjung di blog saya

      Hapus
  21. boleh nambahin brow?! intinya harus pede, nekad tapi pasti, tenang (relax) dari diri sendiri yoy spy gak tergantung siapapun, anggap seolah2 kita lagi jalan kaki (bawa diri sendiri), kalo kita jalan gak mungkin nabrak2 orang kan?!.....itu pengalaman ane yg super nekad!!! buat brosist yang lagi belajar mobil, se,oga cepat lancar, selamat dan sukses.... thx udah ikut nimbrung, mudah2an kita slalu diberi keselamatan dan kesehatan, aamiin!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. manteb juga tuh jurusnya hehe dijamin ampuh kayaknya...amiiin smoga kita smua diberi keselamatan dan kesehatan =D

      Hapus
  22. Blh share pengalaman saya peratama kali turun k jalan raya tanpa pendamping ya... Dua hari stlh slesai kursus mengemudi, saya nekad bawa ke jalan raya smpe jarak 20 km dari rumah, saya hampir nabrak motor pas belok di tanjakan mo keluar k jalan raya & nabrak tong sampah besar waktu mo jalan lagi habis parkir melintang di spn pertokoan. Jadinya skrg saya trauma nyetir mobil lagi,huhu.. Saking traumanya saya coba bawa lagi malah nyungsep k got dpn rumah. Minta saran donk gmn ngilangin trauma & braniin diri bwt bawa lagi?? Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...sebetulnya jawabannya ada didalam diri anda sendiri, so dengan kata lain yang bisa nyembuhin adalah diri anda sendiri, psikolog ataupun psikiater hanya membantu menyembuhkan, tapi yang bisa menyembuhkan total adalah diri anda sendiri...ocreee
      ada satu terapi yang saya tahu, coba terapi ini
      Terapi True Nature holistic
      jika terapi sederhana ini dilakukan rutin maka bisa mengurangi rasa trauma anda.
      semoga membantu =D (loh kok jadi dokter nih hehe dokter abal-abal)

      Hapus
  23. gan gmn klo ada mobil mau belok dia pelan posisi kita dibelakangnya kondisi jalan nanjak trus action kita gmn tu maklum gan baru blajar ,pelngalam mesin mati plus kena omel pengendara lain untung di belakang bukan mobil .

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung gan, kalo lagi buru2 ya klakson aja tuh orang yg ada didepan, tapi kalo lagi santai ya udah ikutan pelan aja...kadang2 kalo ditanjakan memang suka timbul ras cenat-cenut...biar gak cenat-cenut gigi nya bikin 1 aja trus gas nya digedein...lumayan buat ngasepin yang dibelakang daripada diomelin hehe

      Hapus
  24. Gan gua mau belajar bawa mobil, doain ya biar tdk ada yg tersakiti. Cukup agan aja yg tersakiti wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk oke dah...ati-ati jangan panik kalo diklakson, katanya cowo macho itu harus stay cool B-)

      Hapus
  25. bagus banget artikelnya, mungkin saya paling tua disini....tp gkpapa pede aja, baru belajar nyetir neh ..deg2 an campur seneng jga...udah ibu2 baru belajar..gak ada kata terlambat ya...mdh2an cepet lancar dan selamat . Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe belajar itu tdk mengenal umur, mau muda, om-om, lansia, sampe aki aki peot juga ga ada masalah asal mental sudah tidak labil ya sah sah saja. Mungkin ini saya balesnya pas ibu udah bisa pake mobil kali ya heuheu sorry telat balesnya bu Dewi selamat kalo udah bisa bawa mobil

      Hapus
  26. Hari ini prtma bljr sm pendamping lgsg kjln raya ga pdat ci jlur mnuju luar kota hny byk truck n tronton ok c lncar sdh bisa mempekirakan n bljr belok dlahan parkir? Ksulitan sy jstru saat bru nau mulai jln krn msh tkt injak gas bablas? Itu cra ny gmn ya? Ta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih...udah bisa memperkirakan n belajar belok dlahan parkir? itu saya rasa udah lebih dari cukup...emang sih kalo baru-baru bawa mobil manual susah prediksi nginjak gasnya, kalo gasnya kelebihan malah bablas, kalo kurang malah mati, heuehu serba salah...butuh pembiasaan aja kurang lebih 1 bulan ngiahahaha sering-sering bawa mobil jg pasti terbiasa...kalo mau ekstrim bawa kebengkel mobil aja minta sama mekaniknya biar gas ama koplingnya disesuaiin trus baru dicobain sendiri, kalo masih gak enak balik lg aja (tapi bolak baliknya itu yg ga kuat)

      Hapus
  27. Gan saya mau tanya nih, dulu saya pernah ikut kursus belajar mobil satu minggu, tapi saya masih belum berani bawa mobil saya sendiri. Sekarang setelah 8 bulan lebih ga latian mobil lagi saya coba belajar bawa mobil sendiri keluar garasi sama ke sekitar lapangan deket rumah, dan saya lumayan bisaa. Cuman pas lepas kopling awal awal kadang jalan nya masih kayak angkot suka geter geter, hehehe.
    Yang mau saya tanya gimana sih munculin keberanian buat bawa mobil turun ke jalan,?? Saya sih udah sedikt berani, cuman masalahnya ga ada yang mendampingi. Tolong tipsnya gan :). Oh iyaaa selama latian saya latian sendiri saja. Makasih brooo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry telat bales ya...wkwkwk ekstrim nih bawa mobil sendirian :v jgn lupa do'a kalo sendirian apalagi bawanya masih ragu2 banyakin do'a sama istighfar aja hehe (tujuannya biar slamet)
      untuk munculin keberanian ada beberapa cara yg saya tau:
      -do'a
      -sering latihan dijalan yg sepi, kurang lebih 10x keluar, inget gan sepi nya bertahap, pertama sepi, kedua agak sepi, ketiga agak rame, keempat rame.
      jangan pas latihan ditempat yg sepi trus besoknya langsung ke jalan yg rame (resikonya terlalu besar, bisa keserempet nih)
      -konsentrasi (jgn pernah berpikiran untuk nabrak, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi pikiran alam bawah sadar untuk nabrak)
      -bawa temen/ partner
      -nah kalo bisa bawa temen satu genk, suruh mereka nginep dimobil kalo perlu camping ngiahahaha

      Hapus
  28. gan hari ini q dah belajar mengemudi selama 2 hari tp kendalanya konsentrasiq msh kurang.... saat q belajar mengemudi sama ayahq selama 2 hari ... ayahq blg "sebenarnya kamu sdh menguasai sedikit demi sedikit tp kurang konsentrasi, ragu saat belok, sering panik, & ketakutan saat jalan raya sedikit ramai"

    setelah beljar selama 2 hari ini yg aku lakukan apa??? trus klw belajar mengemudi lagi tahap selanjutnya apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. naah ini nih masalah yg sebetulnya sepele tapi dampaknya bisa besar (konsentrasi)
      sebetulnya secara ga langsung ini berhubungan sama gaya hidup bro, misalnya tidur suka tengah malem atau malah begadang, trus makan kadang ga teratur, yg ujung ujungnya mempengaruhi konsentrasi.
      setau ane sih solusinya ada 2:
      1) perbaikin pola hidup
      2) sering2 latihan aja, kalo nabrak ya ikhlasin aja toh namanya masih belajar masak langsung bisa :)
      bisa pilih salah satu dari 2 solusi diatas, tapi disaranin 2 2 nya sih hehe :D
      *belajar tahap selanjutnya adalah parkir gan

      Hapus
  29. Gmn carax mengemudi yang aman pas beLok d U turn yang sempit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah pada umumnya u turn itu seperti gambar ini U Turn awas hati-hati suka ada motor koplak nyelonong motong jalan kita, kalo dia nabrak biasanya tinggal senyum tanpa say good bye alias kabur (miris).
      tapi kalo U turn yg sempit, pertama belok biasa trus kalo udah mepet sama tepi jalan, kita mundurin mobil secukupnya, trus jalan lagi

      Hapus
  30. lucu nih artikel, manfaat juga..coment2 si agan jg kocak..hahahaha
    thankyou yah gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngiahahaha syukur deh kalo ada manfaat (daripada manfuuk), terimakasih juga atas kunjungannya dan udah bersedia menulis dikolom komentar ;D Thankyou

      Hapus
  31. aku lgi kursus nyetir nih ceritanya.pas perempatan,
    lampu merah nyala.aku mau belok kanan trnyata aku nyalain lampu sein kiri.aku di klaksonin dari balakang thiti...thiit,aku cuek ada apa nih...supir mobil sampingku teriak''belook kiri jalan teruus,'' aku dengar tapi batinku bilang ada apa emang .masya Allah trnyata lampu sein mobilku nyala ke arah kiri.padahal aku bermaksud ke kanan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa bang...ibaratnya orang belajar itu bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian, no pain no gain :D

      Hapus
  32. sudah 5 th lalu ane kursus mobil perasaan gampang, karena ada yang mandu , eee skrg beli mobil baru beli bisa bawanya dan akhirnya minta temen bawain sekalian ajarin, langsung nyobain nyalain dan tempel kompleng, eee pas mau mundur eee mempet tembok sebelah lecet dah dan akhirnya bisa keluar dan lumayan agak ragu2 dan akhirnya nekad juga. hampir aja mentok trotoar dan akhirnya terakir belajar awal waktu mau belok ke arah parkiran putar kendali eee pas mau ngimbangin eee malah nambrak batu bata di depan baret lagi, ya gitulah semua perlu pengorbanan, disini saya mau tanyakan gimana caranya biar cepat bisa dan menguasai ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana ya...hmmm kasusnya ngakak juga nih ekekek,,,jadi inget pas dulu saya bisa pake sepeda, trus udah lama gak bawa sepeda trus nyobain lagi eee malah jatuh berak ditempat heueheu untung ga ada yg liat, jujur aja saya sampe hari ini masih terus belajar nyetir walaupun udah bertahun tahun, soalnya bawa mobil itu butuh konsentrasi, kesabaran dan skill yg tinggi (kalau ga mau nabrak)
      jadi inget kata psikolog nih, dia bilang "gapapa nabrak itu bagian dari bawa mobil, kalau gamau nabrak ya gausah keluar rumah" hehe
      saran saya coba bawanya pelan pelan aja jangan ragu atau panik, biar ga ragu atau panik coba setel lagu yg adem adem aja biar bawaannya adem jg.

      Hapus
  33. Nice artikel mas bro, ane mau nanya neh, klo jalanan macet, apa kita harus injek kopling terus ato ga? Trus klo macetnya pas berada di tanjakan, bgm tipsnya bro?. Makasih jawabannya mas bro..

    BalasHapus
  34. -bener banget kangbroo, kalo macet sebaiknya nginjek kopling terus aja takutnya mobilnya malah mati.
    -kalo macetnya pas di tanjakan sebaeknya ada jarak sekitar 2 langkah kaki buat jaga-jaga kalo mobil depan nanti guling, kalo mau jalan sebaiknya nunggu ada jarak kosong didepan sekitar 4-6 langkah kaki biar ga bentar-bentar nginjek rem sama kopling nanti malah capek sendiri, intinya kalau macet ditanjakan beri jarak safety kangbro kalau perlu nunggu didepan sampai beres naek tanjakan baru kita jalan biar ga capek capek nginjek kopling rem gas.
    oke semoga membantu, makasih komennya kangbro :D

    BalasHapus
  35. artikelnya bagus pol mas bro,skalian mo nanya bgmana kita mo mundurin mobil pas didpn kita turunan,apa yg hrs kt injak mas bro trms jwbnya smga ttp rame blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih juga broo komennya udah ngeramein blog ini =D itu mundurin mobil pas diturunan maksudnya mau parkir atau gimana bro? maap saya penderita IQ jongkok jadinya kurang ngerti nih bro ...

      tapi kalo bener maksudnya itu berarti masbro pertama tama bisa tarik rem tangan dulu sebelum jalan mundur, kemudian bisa tekan dan tahan rem kaki dan kopling sambil posisikan gigi ke R (Rear/mundur), kemudian turunkan handrem secara perlahan bersamaan dengan melepas kopling perlahan sambil menginjak gas (yang tadinya nginjek rem sekarang nginjek gas, dan kalo bisa gas nya yang dalem karena mundur di tanjakan butuh gas yang kuat)...udah gitu aja hehe kalo malah tambah bingung bisa tanya lagi =D

      Hapus
  36. Mas bro..kalo berhenti di tempat datar seperti di lampu merah, yg bener gigi netral, atau gigi netral dan tarik hand rem atau gigi masuk satu dan injak kopling? Terus kalo berhenti di tanjakan apakah sama? Ini saya juga baru beljar. Trim untuk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya berhenti ditempat datar, trus berhentinya lama, lebih baik netralin gigi aja, ga usah tarik handrem, tapi kalo tiba-tiba mobilnya kerasa turun atau maju sendiri lebih baik tarik handrem aja masbro, nah sambil nungguin lampu merah tuh biasanya saya minum atau tidur dikolong mobil atau kalo nggak ajeb ajeb makjleb sampe lampu hejo baru jalan lagi, maklum lampu merah jaman sekarang lebih lama dari lampu hejo jadi banyak waktu senggang.
      nah kalo berhenti ditanjakan harus pake handrem kalo gak mobilnya guling bahaya tuh, dan lagi kalo ditanjakan harus jaga jarak dengan mobil depan takutnya mobil depan tiba tiba turun sendiri nah ini lebih bahaya lagi, oke semoga membantu

      Hapus
  37. Iku nambah tips ya , Bagi pemula mungkin yang agak sulit adalah berbelok di jalan yang akan menanjak, dalam kondisi ini hati harus tenang, jangan panik kuncinya,sebelum belok pindahkan ke gigi 2 atau 1 ( tergantung sitausi tanjakan ) ,injak kopling stengah sambil tekan pedal gas sembari stir dibelokkan( jangan takut menginjak gas agar mobil bisa melaju menanjak ) stelah itu stabilkan kemudi untuk lurus. he he he semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mangstab jurusnya hahahaaa terimakasih ya :D

      Hapus
  38. Terimakasih artikelnya masbro, dikemas dengan sangat menarik :D
    Kemarin malam saya baru mencoba pertama kali belajar menyetir mobil, hasilnya wuzzz ancur parah haha
    mungkin dikarenakan malam hari sekitar pukul 19.00, gelap dan sedang gerimis hujan. Saya ditemani kaka ipar saya (yang membuat saya grogi) dan teman saya yang sudah lumayan lancar menyetir mobilnya. Yang ingin saya tanyakan apakah sebaiknya saya belajar kepada teman saya saja supaya gak grogi atau ke kaka ipar saya saja yang sudah berpengalaman menyetir mobil?
    Terimakasih masbro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nguahaha ngakak komennya :D
      belajar mobil itu butuh sinergi antara konsentrasi dan ketenangan, kalau salah satu ada yang kacau, maka akan mempengaruhi ke semuanya, jadi ada baiknya kalau belajar dengan orang yang udah akrab dengan kita sehingga kita tdk grogi lagi, so bawa santai aja keep ngakak ya ngoahaha :V bawanya pelan aja trus jalannya di pinggir sambil nyalain lampu hazard (segitiga merah)

      Hapus
    2. Ini saya lagi :D
      Bahaha bener banget masbro, saya udah coba saranya meskipun sebelum baca balasan masbro hehe
      Beberapa hari setelah saya berkomentar di blog ini saya coba belajar sama temen saya itu di lapangan kota, emang beda banget rasanya jadi lumayan lancar walopun ada cedat cedut hehe dulu belum bisa ngatur gas, musti alon alon banget -_-
      Tapi setelah hari kedua latihan sama temen saya, saya coba nekad kejalan yang sekitaran pukul 07.20 jamnya sibuk pagi dijalan, dan wuzzz juga tapi gak ancur yang ini lancar banget berasa michael schumacher deh :D
      dan kemarin-kemarin udah bisa nganter orang kesana kesini hehe
      Saya langsung coba karena berhubung saya kepepet waktu dan orang-orang juga banyak bilang katanya saya cepet kalo belajar sesuatu (yang membuat saya lebih pd meskipun tetep ipk jeblok) jadi saya langsung coba ngendara sendiri di jalan, tapi buat saran sebaiknya yang lain yang baru belajar harusnya harus lebih lama belajar sebelum menyendarai sendiri soalnya berbahaya :)
      terimakasih balasan dan saranya masbro, nanti saya tanya lagi kalo ada yang bingung ya hehe :D

      Hapus
    3. brauakakakakaka itu cedat-cedutnya pasti kayak kodok struk gagal jantung gitu ya haha dulu saya juga pernah gitu, langsung sekeliling pada ngeliatin (-,-)a
      alhamdullilah kalo selamat total bro :D saya dulu pas baru bisa pake mobil langsung praktek need for speed dijalan, alhamdullilah kayak michael schumacher juga, tapi yang KW10.

      giliran diparkiran hadeuuuh langsung mati kutu gara2 prediksi ditikungannya meleset alhasil meninggalkan bekas luka yang mendalam pada mobil :D
      saran saya hati hati pas diparkiran ya bro :D
      oke terimakasih udah komen ya masbro :D

      Hapus
    4. balasan saya dibawah hehe salah post :D

      Hapus
  39. nghahahaha iya, tapi gak pernah liat kodok gagal jantung bro hahaha, untung malam hari saya :D
    nahh itu lupa, belum coba real parkingnya. gws masbro mobilnya, tapi udah lama ini kan haha
    sebaiknya belajar parkir gimana ya? soalnya udah nekad sendiri aja ini masbro -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah saran saya sebeulum parkir beneran ada baiknya liat video tutorial parking berikut:
      1. Parkir biasa
      2. Parkir paralel
      3. nah ini yang super ekstrem, jangan ditiru, cuman buat ngakak aja bro haha parkir ekstrem

      Hapus
    2. thank mas bro tulisannya sangat bermanfaat,sekarang sy tinggal memperlancar dan di jln udh lebih PD d lebih konsentrasi

      Hapus
    3. wah alhamdulilah congrats ya udah bisa ngendarai mobil, karena ga semua orang bisa mengendarai mobil,saran saya hati hati dijalan jangan kebawa emosi ya, keep calm aja nikmati aja jalannya :D

      Hapus
  40. hahaha bisa aja masbro kirim link nya
    terimakasih masbro alhamdulillah udah lumayan lancar parkirnya, sekarang yang jadi masalah waktu lagi di gang sempit mau keluar masuk kejalan kan gak keliatan yang lewatnya terus tepat di gang ke jalanya agak nanjak jadi kalo gak nginjak rem pasti mundur tapi mau nginjak gas agak susah soalnya di lepasin bentar remnya mundurnya agak cepet mobilnya, nah ngakalinya gimana soalnya harus agak hati-hati soalnya dari gang langsung masuk ke jalannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah...hmmm susah juga ya, saya sendiri malah ikut bingung heuheu...pake teknik rem tangan aja masbroh, teknik rem tangan dikenal ampuh melawan tanjakan, kalo tanjakannya ekstrem alias curam baru ga bisa pake rem tangan, kalo tanjakannya rendah atau sedang masih bisa pake rem tangan.
      caranya:
      -kalo dalam posisi berhenti ditanjakan, coba tarik rem tangan, lalu rem kaki boleh dilepas.

      -pas mau jalan lagi, tekan kopling, pindah gigi ke1, coba nginjek gas dikit, kopling dilepas "dikit"

      -lalu baru rem tangan di turunin (disaat yg bersamaan lepas kopling sampe habis biar mobilnya bisa ngacir). dijamin mobilnya gak guling kebawah, semoga berguna :D

      Hapus
  41. Ga apa apa min walaupun balesnya telat, hahaha. Sekarang saya sudah lancar bawa mobilnyaa. Udah muter muter keliling jakarta malahan, hahaha. Udah disuruh bawa mobil temen pula lagi, hehe. Jadi sekarang Punya sim A bukan pajangan lagi, hehehe. Makasih yaa, sukses terus buat otoroem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha syukur dah syukur...sim A nya kalo bisa dikasih laminating yg terbuat dari carbon biar gak lecet hehe #lebay, jadi kita bisa inget bagaimana mempertanggung jawabkan sebuah kartu SIM yang katanya bisa dibeli dengan uang,
      it's not about the money, its all about responsibility
      Oke congrats ya buat bang Reynaldi udah bisa gaya mejeng didepan temen temennya nih hehe selamat!

      Hapus
  42. Ihh... ngakak abis baca komennya... Mkc yaa tutorial lucunya... Jadi semangat belajar nyetir. Doain yaaa..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha mu'ucih eaa K4K4k udh k0m3n (ngomong pake bahasa alay biar greget!)

      smoga nyetirnya bisa lancar tanpa kendala, bermanfaat dan bisa membawa berkah bagi diri sendiri dan orang sekitar...amiiin (maap ye telat bales huehue)

      Hapus
  43. tan chen meilieKamis, 10 April, 2014

    Ak baru belajar...yg bikin grogi tuch pas nikung klo tekor akhirnya keldbihan...trs jantjngnya jadi dakdikduk...smog ku bisa lancar blajarnya...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin semoga lancar dan tidak ada kendala sis....jangan takut nabrak, anggap aja nabrak itu biar bisa naik level haha tapi kalo bisa gak nabrak berati level kamu udah tinggi hehe

      Hapus
  44. sy baru latian 3 hari, waktu dijalan raya masih salah masukin gigi -_- semoga kedepannya bisa lancar ya amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha amiin amiin lancar sukses jaya tanpa kendala
      saya malahan udah bertahun-tahun masih salah masukin gigi...pas itu pernah saya nge gas tapi mobil gak mau jalan sampe suara gasnya cetar membahana satu lurah sampe tetangga pada nongolin kepalanya dari jendela dikiranya ada mobil pembasmi demam berdarah,,,heuheu menyedihkan, ternyata lupa masukin gigi -_-

      pada intinya konsentrasi aja jangan pernah mengemudi dalam keadaan ngantuk atau galau, super bahaya

      Hapus
  45. Makasih infonya, .dulu thn 99 masih gadis (lama amat ya xixixixi...) pernah belajar bawa mobil tp baru bisa bawa gigi 1 ama 2 di jalan sepi pernah sekali mundur masuk got...setelah itu ga pernah bawa mobil lagi skrg mo belajar lagi jadi ngeri deh...sdh lupa caranya...takut mobilnya rusak maklum masih baru hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak :D makasih juga udah komen heuheu, tapi kayaknya kak memi masih awet muda nih (keliatan kok) HaHaHa...waah iya kalau udah ngomongin mundurin mobil banyak yang kena musibah kok, wajar itu makanya mobil jaman sekarang dilengkapi kamera belakang biar ga nabrak atau nyungsep...

      jangan pernah menganggap hanya karena menabrak sesuatu lalu kita menganggap tidak berbakat atau bahkan dilahirkan sebagai seseorang yang ceroboh
      bahkan sebenernya pembalap pun yang profesinya selalu membawa kendaraan masih sering nabrak bahkan sampe meninggal (heuheu ini ceritanya sambil nangis)

      saran saya coba latihan didampingi seseorang yang ahli bawa mobil, kalo ngeraasa mental baja boleh bawa sendiri tapi cari tempat latihan yang luas dan sepi dan jangan pernah bawa kenangan masa lalu apalagi kenangan mantan, haha bahaya bgt tuh,,,karena secara tidak langsung itu mensugesti pikiran kita dan bisa-bisa terulang lagi deh kejadiannya heuheu...

      intinya bawa santai aja, jangan terintimidasi sama pengendara lain yang tukang klakson, biarin kata orang, tooh kalau kita nabrak yang nolong diri kita sendiri, bukan tukang klakson kan?
      oke selamat mencoba ya :D

      Hapus
    2. Yessssssss saya sudah lancar nyetir ga pake lama ga pake lecet mobilnya, sudah bisa keluar kota lg...intinya di mental n filing aja ternyata hehehe nekat sih belajar 2 hari di lapangan langsung turun jalan tiap hari seminggu langsung luar kota wkwkwkwk makasih panduan n koment teman2 di sini soalnya sy praktek lgsg di jalan dan berhasil thankyou thankyou thankyou

      Hapus
  46. rame juga nih maaf gan mau nya saya suka aga kesulitan kalau melihat bagian depan mobil apaligi kalau mobil masung gang sempit ( yg pas sama mobil ) terus saya juga suka kesulitan kalau misalkan masuk gang yg aga lebar trus ada motor parkir di bahu jalan atau depan rumahnya kali ya haha otomatis mobil harus aga ke samping nah saya suka kesuliatn ngepasin nya solusinya gimna ya pengalamn juga pernah nabrak phon pas latihan di lapang yg aga sempit alhasil bumper depan xenia rusak :D markasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembalap sentul international circuitRabu, 11 Juni, 2014

      caranya simpel gan, pepetin mobil kekanan aja, ane sering nerapin mode ini kalo misalnya ngelewatin gang sempit atau harus melewati celah diantara mobil mobil yg parkir diperumahan.

      cukup tenang dan bawa pelan saat ngelewati jalan sempit, dan usahain mobil mepet dengan sisi kanan gan....klo udah ngelewatin tancap gass pool lg gan

      Hapus
    2. hahaha pembalap sentul kentut ngapain nongkrong dimari heuheu

      Hapus
  47. Gan jka handrem g fungsi,saat tanjakan terkena macet.saat melaju supaya tdak mundur duluan gmn carany?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tukang jualan jengkol kesekutipRabu, 11 Juni, 2014

      nah ini dia nih problem yang paling bikin sesek napas, handrem gak mempan disaat melibasa tnjakan dan mungkin anda butuh tabung oksigen buat baca tulisan ini hahaha

      mungkin handrem nya ga kuat buat nopang beban mobil terhadap gravitasi karena tanjakan yg curam, gapapa gan tetep tarik handrem tapi dibantu rem kaki juga, jadi pas mau jalan mobilnya gak mundur secara cepat.

      Hapus
    2. hahaha pembalap sentul kentut nyamar jadi tukang jengkol ya...???
      tapi jawabannya bagus semua, 4 jempol gan!

      Hapus
  48. Cara mahir ambil haluan gmn..tolong...tolong..tolong...
    Udh belajar pake matic tapi haluan kacau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya selalu pertahankan space kosong, misalnya ada belokan ke kanan yang tajam dan sempit sehingga mengharuskan kita belok secara "slowly but sure (bahasa kerennya perlahan tapi pasti)"
      kalo mau belok kanan sebaiknya jangan belok kekanan dulu tapi "belok kiri" baru belok kanan, tujuannya biar bagian kanan mobil tidak nyenggol itik sama tembok atau batu...
      contoh gambarnya bisa dilihat diSini

      sebaiknya jalannya pelan dan tenang, ingat jangan mudah terintimidasi sama pengendara lain yaa

      Hapus
  49. gimana caranya pas di turunan, perlu pake rem apa gak usah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake rem boleh, tapi menurut sumber yang saya peroleh, sebaiknya tidak perlu menggunakan rem, cukup masukkan gigi dan tekan gas seperti jalan ditempat yang datar, tapi kalo pengen "turunnya cepet dan aman" bisa masukkin gigi 3 atau 4 tanpa perlu menekan pedal gas,Oke smoga membantu :D

      Hapus
  50. Gan, apakah membawa mobil. Sama dengan membawa motor koplink.? Soal nya gue bisa bwak mtor koplink.

    BalasHapus
  51. Bagus ini ada tutorial belajar setir, jadi bisa punya gambaran sebelum praktek dilapangannya

    BalasHapus
  52. gimana cara bawa mobil di jalan yg rusak/berbatu/tidak rata?? apa main kopling atu gas dan rem aja ??tema kasih

    BalasHapus
  53. Mantap tipsnya bro.... sesuai sekali yg terjadi pada pemula dan di lapangan. Thaks ya... langsung disave nih... buat modal sebelum terjun langsung

    BalasHapus

comment anda sangatlah kami hargai